Senin, 06 Mei 2013

Printer Inkjet


Printer Inkjet



Printer ink-jet adalah printer yang  mencetak dengan menyemprotkan titik-titik kecil tinta pada kertas sehingga membentuk image (gambar).Hasil dari pencetakan printer inkjet cukup bagus dibanding dengan printer dot-matrik.

Bagian – Bagian Printer Ink-Jet

Sebagai salah satu alat elektronik pastilah printer memiliki bagian-bagian tertentu yang menyusun printer tersebut, berikut ini adalah merupakan komponen-komponen fisik dari sebuah printer inkjet :

a.Print head assembly

Print head adalah komponen utama dari inkjet perinter, print head terdapat nozzles yang digunakan untuk menyemprotkan tinta.

b.Ink cartridges

Ink cartridge memiliki berbagai jenis tergantung dari merk dan model dari printer. Ada yang menjadikan tinta warna dan tinta hitam dalam satu catridge dan ada juga yang memisahkan pada dua catrdige. Pada beberapa model inkjet printer catridge termasuk juga printhead itu sendiri.

c.Print head stepper motor

Print head stepper motor yaitu sejenis motor sepper yang menggerakkan printhead. Beberapa printer memiliki motor stepper yang lain untuk menempatkan printhead ketika printer tidak digunakan.

d. Stepper motor untuk mengontrol pergerakan sebagian besar komponen inkjet printer.

  1. Belt terbuat dari sejenis karet yang menghubungkan printhead dengan motor stepper.
  2. Stabilizer bar yaitu tempat printhead dimana printhead dapat bergerak kekiri dan ke kanan.

e.  Paper feed

  1. 1.    Paper tray/feeder yaitu bagian untuk menyimpan  kertas untuk dicetak. Beberapa jenis printer tempat penyimpanan kertas sehingga kita dapat menepatkan beberapa kertas sekaligus. Adapula yang hanya memiliki tempat untuk satu helai kertas saja, sehingga kita harus memasukan satu persatu kertas yang akan diprint.
  2. Rollers yaitu untuk menarik dan menggulung kertas dari tempat kertas (paper tray), saat printhead sudahsiap untuk mencetak.

f.   Roller untuk menggulung kertas

  1. Paper feed stepper motor yaitu motor stepper yang dugunakan untuk menggulung kertas dari papertray.
    1. Power supply yaitu untuk menubah tegangan AC menjadi DC.
  2. Control circuit yaitu papan sirkuit untuk mengontrol mekanik printer. Dan menterjemahkan kode yang disampaikan oleh cpu untuk dicetak oleh printer.
  3. Interface port(s) yaitu port untuk menghunbungkan printer dengan cpu. Antara lain paralel port, usb port, serial port ataupun scsi port.
Selain komponen-komponen tersebut diatas terdapat komponen-komponen penting lainnya yang mungkin tak terlihat dalam gambar, namun memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses mencetak seperti :

 1.  Kepala printer

Kepala printer adalah alat yang digunakan untuk meletakkan cartridge yang terdiri dari berbagai jenis pipa semprot yang digunakan untuk menyemprotkan tinta. Pada kepala printer ini terdapat PCB yang berhubungan dengan microchip pada cartridge. Microchip ini terletak di bagian samping untuk menghindari konslet jika terjadi kebocoran tinta.

2.    Cartridges

Merupakan tempat tinta. Terdapat 2 model yaitu cartridge berwarna dan hitam. Cartridge hitam hanya diisi dengan tinta hitam dan cartridge warna memiliki 3 tempat untuk warna merah, hijau, dan biru. Pada cartridge terdapat microchip yang mengendalikan keluarnya tinta.

3. Stepper motor kepala printer

Stepper digunakan untuk menggerakan kepala printer yang terdapat cartridge kearah kiri dan kanan seiring dengan lewatnya kertas.

4. Belt

Belt digunakan untuk menghubungkan rangkaian kepala printer dengan stepper motor.

5.        Stabillezer Bar

Rangkaian kepala printer menggunakan stabilizer bar untuk meyakinkan bahwa pergerakan di dalam printer terkontrol.

6.        Rangkaian Penggerak kertas, yang terdiri dari :

  • Paper tray yang digunakan untuk menerima ketas yang kita masukkan
  • Rollers yang digunakan untuk menarik kertas dan menggerakan kertas keluar yang kemudian dilanjutkan dengan roller dan memasukan lagi kertas.

7.        Interface Port

Merupakan tempat untuk menyambungkan printer dengan sumber arus dan komputer. Sebagian printer port untuk menghubungkan printer dengan komputer menggunakan USB..

8.        Control Circuitry

Digunakan untuk mengontrol semua operasi aspek mekanik, dan untuk menerima informasi yang diberikan oleh komputer.

9.        Sensor

Dalam printer ini yang berfungsi sebagai sensor adalah PCB yang berfungsi untuk menerima perintah ”OK” atau ”CANCEL” yang diberikan oleh pengguna komputer saat ingin mencetak pada printer. Perintah ini diterima oleh printer oleh USB port.

10.    Pengendali

  • Pengendali percakapan
Dalam hal ini percakapan di artikan sebagai hubungan atau interaksi. Pengendali percakapan dalam printer berupa interface port. Dimana interface port ini mengendalikan hubungan antara printer dengan komputer dan sumber arus. Jika salah satu tidak terhubung maka ”percakapan” tidak akan berlangsung dengan baik, bahkan printer tidak dapat mencetak.
  • Pengendali Bahasa
Pengendali bahasa terdapat pada microchip yang terdapat pada cartridge yang terhubung pada kepala printer. Pengendali bahasa ini mengendalikan bahasa biner dari komputer menjadi bahasa yang diinginkan pada kertas.
  • Pengendali Halaman
Pengendali halaman adalah pengendali yang mengatur halaman masuk ke dalam printer, yaitu berupa stepper. Stepper akan menarik kertas satu demi satu dengan bantuan roller. Jika satu kertas sedang diproses maka stepper tidak akan menarik kertas lagi. Stepper baru akan menarik kertas lagi jika sudah ada kertas yang selesai diproses.

11. Aktuator Penggerak

Aktuator atau penggerak dalam printer ini adalah steppernya. Ada dua stepper yaitu stepper penggerak kepala printer dan stepper penggerak kertas.

12. Bagian Mekanik

Bagian mekanik berupa roller yang berputar untuk menggerakan kertas, belt yang menggerakan kepala printer, serta penyemprot tinta pada cartridge.

0 komentar:

Posting Komentar