Senin, 06 Mei 2013

RAM


RAM
a.       Pengertian RAM
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory
adalah sebuah perangkat keras computer yang berfungsi menyimpan berbagai data dan instruksi program. Data di dalam RAM bersifat sementara, jadi data yang tersimpan akan hilang bila computer di matikan.
RAM juga bisa disebut sebagai memory utama (main memory),memory primer (primary memory), memory internal (internal memory), penyimpan utama (primary storage), memory stick (RAM stick).
Modul memory RAM yang umumnya diperdagangkan berkapasitas 128 MB, 256 MB, 512 MB, 16,2 GB, 4 GB.
b.       Jenis-jenis RAM
1.      DRAM (Dynamic Random Access Memory)
Janis RAM yang menyimpan setiap bit data yang terpisah dalam kapasitas dalam satu sirkuit terpadu. Data yang terkandung di dalamnya harus disegarkan secara berkala oleh CPU agar tidak hilang. Hal ini membuatnya sangat dinamis dibandingkan dengan memory lainnya. Dalam strukturnya, DRAM hanya memerlukan satu tramsistor dan kapasitor per bit, sehingga memiliki kepadatan sangat tinggi.
2.      SRAM (static Random Access Memory)
Jenis RAM yang tidak menggunakan kapasitor. Hal ini mengakibatkan SRAM perlu lagi disegarkan secara berkala. Hal ini jugasekaligus membuatnya memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM.
3.      EDORAM (Etendet Data Out Random Access Memory)
Jenis RAM yang dapat menyimpan dan mengambil isi memory secara bersamaaan, sehingga kecepetan baca tulisnya pun menjadi lebih cepat. Umumnya digunakan PC terdahulu sebagai pengganti Fast Page Memory (FPM) RAM.
4.      SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)
Jenis RAM dinamis yang kemampuan kecepatannya lebih cepat daripada EDORAM & kepingannya terdiri dari 168 pin. RAM ini disinkronisasi oleh clock sytem & cocok untuk system dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100MHz.

5.      RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)
Salah satu tipe dari RAM dinamis sinkron yang diproduksi oleh Rambus Corporation menggunakan bus speed sebesar 800 MHz, tetapi memiliki jalur data yang sempit (8 bit). RDRAM memiliki memori controller yang canggih sehingga tidak motherboard bisa mendukungnya.
6.      NV-RAM (Non-Volalite Random Access Memory)
Jenis Ram yang menggunakan baterai litium di dalamnya sehingga data tersimpan tidak akan hilang meskipun daya di matikan.
7.      VGRAM (Video Gravphic Ram Access Memory)
Jenis RAM yang dibuat khusus untuk video adapter. Kapasitas VGRAM sangat menentukan kualitas gambar yang dihasilkan oleh video adapter tersebut.



















Bahan Semi Konduktor
Operasi komponen elektronika benda padat seperti diode, LED, transistor Bipolar & FET serta Op-Amp atau rangkaian terpadu lainnya didasarkan atas  sifat-sifat semi konduktor.
Semi konduktor adalah bahan yang sifat-sifat kelistrikannya terletak antara sifat-sifat konduktor & isolator. Sifat-sifat kelistrikan konduktor maupun isolator tidak mudah berubah oleh pengaruh temperatur, cahaya atau medan magnet, tetapi pada semi konduktor sifat-sifat tersebut sangat sensitif.
Elemen terkecil dari suatu bahan yang masih memiliki sifat-sifat kimia dan fisika yang sama adalah atom.
Suatu atom terdiri dari 3 partikel dasar, yaitu: neutron, proton, dan electron.
Dalam struktur atom, proton dan neutron membentuk inti atom yang bermuatan positif, sedangkan electron-elektron yang bermuatan negative mengelilingi inti.

a.       Resistor (penghambat listrik/ohm)
Resistor dibagi dalam dua kategori utama yaitu:
1.      Resistor linear. Resistor yang bekerja sesuai dengan hokum ohm.
2.      Resistor non linear yang biasa dipakai terdiri dari 3 jenis:
a.       Fotoresistor : peka terhadap sinar (ex: lampu di sepanjang jalan)
b.       Themisistor : peka terhadap panas (ex: magic com)
c.       Resistor yang tergantung pada tegangan listrik
Satuan resistor adalah ohm . (I MW (Mega Ohm) = 1000 KW (Kilo Ohm) = W (Ohm).

Ø  Resistor yang nilai hambatannya relative tetap, biasanya terbuat dari karbon, kawat atau paduan logam. Nilai hambatannya ditentukan oleh tebalnya dan panjangnya litasan karbon. Panjang lintasan karbon tergantung dari kisarnya alur yang berbentuk spiral.
Description: C:\Users\asus\Downloads\untitled.jpg


                       
Ø  Resistor non-Linear / variable atau potensiometer, yaitu resistor yang besarnya hambatan dapat berubah-ubah.





0 komentar:

Posting Komentar